Manhole Perpipaan Air Limbah di Jl Casablanca Dibersihkan

By Admin


nusakini.com - Perusahaan Daerah Pengelolaan Air Limbah (PD PAL) Jaya membersihkan lima manhole (lubang kontrol) jaringan perpipaan air limbah di Jl Casablanca, Menteng Dalam, Jakarta Selatan.


Direktur Utama PD PAL Jaya, Subekti menuturkan, dalam pembersihan lubang kontrol ini petugas telah diingatkan untuk mematuhi standar operasional prosedur (SOP), serta menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja (K3).


"K3 harus betul-betul dijalankan petugas. Sebab, ada risiko tinggi untuk membersihkan jaringan perpipaan air limbah," kata Subekti


Menurutnya, masyarakat juga perlu lebih peduli agar sampah-sampah padat tidak dibuang sembarangan hingga memicu sumbatan pada jaringan perpipaan air limbah.


Sementara, Asisten Manajer Operasi dan Pemeliharaan Jaringan PD PAL Jaya, Budi menambahkan, dalam pembersihan sampah di lima manhole ini dikerahkan sebanyak satu tim dengan delapan personel.


"Jarak antar manhole sekitar 50 meter dengan kedalaman sekitar enam meter," terangnya.


Ia menambahkan, kegiatan pembersihan ini rutin dilakukan sebagai bentuk monitoring supaya aliran air limbah bisa mengalir dengan lancar menuju tempat pengolahan.


"Umumnya, sampah padat yang kita temukan berupa botol, plastik, tisu, hingga pakaian dalam. Bisa sampai lima karung sampah padat yang kita angkat," tandasnya.(pr/kj/al)